Setiap hari karyawan Anda nampak sangat sibuk, laporan menumpuk, tapi kenapa ya rasanya tidak ada perkembangan yang berarti di bisnis travel umrah & haji Anda? Tim CS Anda memang kelihatan sibuk melayani jamaah, tapi Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang mereka kerjakan, tujuan yang mau dicapai apa, seberapa bagus pelayanannya, dll. Itu semua karena Anda tak memiliki dan menerapkan KPI (Key Performance Indicator) pada bisnis Anda, sehingga tidak terukur efektifitas kerja tim Anda.
Saat ini banyak bisnis travel umrah dan haji yang berjalan begitu saja tanpa ukuran yang jelas. Bukan hanya CS, Anda juga tidak bisa mengukur seberapa efektif kinerja tim Sales & Marketing Anda. Divisi lainnya juga, seperti tim keuangan, tim gudang, dan tim lapangan (pelaksana pemberangkatan) membutuhkan KPI untuk mengukur kinerja tim Anda. Tanpa adanya KPI, Anda hanya akan berspekulasi terhadap apa yang sedang terjadi di bisnis travel Anda.
Pentingnya KPI untuk Bisnis Travel Umrah dan Haji
KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator atau metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu aktivitas bisnis terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. KPI membantu organisasi mengetahui apakah mereka berada di jalur yang benar untuk mencapai targetnya, atau perlu melakukan evaluasi & perbaikan.
Menurut Bernard Marr, seorang pakar strategi bisnis dan penulis buku “Key Performance Indicators: The 75 Measures Every Manager Needs to Know”, KPI adalah:
"Tools to track progress against strategic goals and objectives."
Harvard Business Review (HBR) menyatakan bahwa:
“KPI tells you whether you’re on track to meet your goals.”
(Sumber: Harvard Business Review – hbr.org)
Jadi, KPI bukan hanya angka, tapi merupakan kompas kinerja — alat bantu yang menunjukkan apakah suatu unit kerja, proyek, atau bisnis berjalan secara efektif atau tidak.
Contohnya di bisnis travel umrah, Anda dapat mengukur KPI di Sales & Marketing dengan menentukan KPI yang relevan yaitu jumlah paket umrah yang terjual tiap bulan. Anda harus bisa mengukur efektifitas promosi yang dikerjakan oleh tim marketing, sales internal, dan agen-agen di travel umrah Anda.
Contoh lainnya adalah untuk staff CS/Admin operasional yang melayani jamaah, Anda bisa menentukan KPI berupa berapa waktu rata-rata pelayanan hingga penginputan data pemesanan paket umrah. Anda dapat mengukur efisiensi kerja staff administrasi dengan membuat tolok ukur seberapa lama pelayanan pemesanan, pembayaran, data jamaah, pengumpulan dokumen, pemberian perlengkapan, dll.
Nah, kebayang kan? Semuanya bisa Anda ukur sehingga bisnis travel Anda bisa dimanajemen dengan baik!
Dampak Negatif Jika Travel Umrah Haji Tidak Memiliki KPI
Jika di travel umrah haji Anda tidak mempunyai KPI, maka :
- Tidak tahu apakah karyawan perform atau tidak
Sulit menentukan apakah tim telah bekerja sesuai dengan standar penilaian, bukan asal jalan saja
- Pemborosan waktu dan tenaga tidak terdeteksi
Pekerjaan yang tidak ada standarnya misal durasi, ketercapaian, dll maka tidak akan bisa dideteksi apabila ada pemborosan waktu & tenaga. Pekerjaan yang seharusnya selesai 1 jam, malah dikerjakan 3 jam lebih!
- Semua kerja terasa “sibuk” tapi hasilnya tidak jelas
Buka tab di laptop sangat banyak, tapi ternyata bingung mau ngerjain apa seharian! Nah, sangat penting untuk menjaga supaya tim Anda tetap pada jalur menuju goal perusahaan
- Sulit evaluasi & perbaikan kerja
Tim kesulitan menerima evaluasi & saran perbaikan kerja dari atasan, karena merasa sudah bekerja keras dan maksimal. Padahal apabila diukur KPI-nya, kualitas pekerjaannya masih jauh dari standar
- Motivasi tim jadi menurun karena tak ada tolok ukur keberhasilan
Tim yang sudah bekerja dengan kualitas baik tidak mendapat apresiasi yang pantas, sedangkan yang kerjanya asal-asalan juga tidak mendapat peringatan atau evaluasi. Ini bisa menimbulkan kecemburuan dan penurunan motivasi karena reward & punishment-nya tak terukur
Dampak Positif Ketika Travel Umrah & Haji Memiliki KPI
- KPI sebagai kompas kerja: semua orang tahu arah, target, & cara mencapainya
Jangan buang waktu dan tenaga untuk hal-halhal yang tidak sesuai dengan arah & target bisnis travel Anda!
- Efisiensi meningkat karena fokus pada hal yang berdampak
Rasakan perubahan setelah Anda memiliki dan menerapkan KPI di bisnis Anda, kinerja tim Anda makin efisien!
- Penilaian kerja menjadi objektif & berbasis data
Tidak ada lagi penilaian berdasarkan kira-kira, semua terdata & terukur secara rapi dan bisa dipertanggungjawabkan
- Travel lebih siap tumbuh dan berkembang dengan sistem profesional
Buat bisnis Anda siap melesat dengan penerapan KPI
Webinar Spesial: Belajar Menyusun & Mengukur KPI untuk Travel Umrah & Haji
Jadi, sudah siap menerapkan KPI di bisnis Anda?
Bagi Anda yang masih bingung gimana sih cara menyusun & menggunakan KPI untuk membangun budaya kerja yang terukur supaya bisnis travel umrah Anda semakin maju, Erahajj Academy kembali menyelenggarakan webinar eksklusif dengan tema :
Memahami Peran KPI Untuk Membangun Budaya Kerja Terukur
Bagi Travel Umrah dan Haji
bersama
Ryan Martian (HR Expert, Business Consultant, & Leadership Coach)
& Baharudin Yusuf (Business Owner Erahajj Group)
Di sini, kita akan belajar bersama tentang :
- Strategi bisnis travel bertumbuh dengan kinerja yang terukur
- Memastikan performa tim sesuai tujuan dan target perusahaan
- Memahami peran KPI supaya penilaian terhadap tim tetap objektif
Catat tanggalnya!
Senin, 28 April 2025
13:30 - 15:30 WIB
Live via Zoom & Youtube
“KPI bukan hanya alat ukur, tapi fondasi bisnis yang sehat dan tumbuh.”
Segera join melalui tautan berikut ini :
Hubungi CP di bawah ini untuk informasi webinar selengkapnya!
Contact Person :
0812 9695 2901 (Annisa)