Efek Digital Marketing yang Tidak Tepat pada Usaha Travel Umrah - Jika Anda sudah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk biro umrah Anda menggunakan jalur digital marketing, maka Anda perlu menambahkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi atau pengetauan yang memadai tentang digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Penggunaa digital marketing yang tak pas, akan berimbas kepada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tak mau, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tak Tepat
Berikut ini akan kami jelaskan berbagai macam penerapan pemasaran digital yang tidak tepat, yang justru bisa membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tak Sesuai Target Market
Saat membuat konten untuk keperluan digital marketing, perusahaan Anda dituntut agar mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan konten apabila Anda tahu persis target market produk/ jasa yang Anda tawarkan.
Apabila Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda harus membuat konten ekslusif yang mampu menarik atensi sasaran market Anda. Anda dapat menentukan harga yang tinggi, asalkan ada benefit yang ditawarkan.
Sebaliknya, apabila Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda perlu membuat iklan / promosi yang berbeda. Misal dengan memasang kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran dan Permintaan Tak Sesuai
Anda harus paham mengenai hukum penawaran & permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual adalah produk yang disukai oleh masyarakat.
Apabila Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, akan tetapi permintaannya tak ada contoh, harga terlalu mahal atau objek wisatanya tak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu dan biaya.
Sebaiknya, Anda kenali terlebih dahulu keinginan pasar, setelah itu Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Bisnis Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Apabila Anda melaksanakan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada masyarakat.
Misalnya, tak konsisten dalam brand identity, menggunakan bahasa informal ke klien yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, serta merekrut SDM yang tak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan & dagangan Anda. Anda tak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon pembeli Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan agar menata website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami pelanggan, & rapi. Anda mesti mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, dan tenaga guna membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, dan media iklan lainnya di internet, umumnya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan pelanggan melalui copywriting agar berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang abai terhadap hal penting ini, yaitu ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
Jika Anda memasang iklan umrah hemat, ya jangan tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada konsumen yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan sia-sia, tak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, akan tetapi untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan konsumen potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang mempunyai fitur transaksi yang mudah dan user friendly. Konsumen yang akan membeli travel umrah hanya butuh 3 langkah mudah yang dapat membuat pengalaman konsumen saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sepadan
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.