Yuk, bijak mengelola usaha travel umrah!
Baru-baru ini, kasus penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup menyita perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan mudah tertarik bujuk rayu para agen Damtour sehingga mereka secara senang hati menyerahkan sejumlah uang ke perusahaan yang berlokasi di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tidak kurang dari 200 jamaah gagal berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!

Mengapa hal semacam ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tertarik “harga murah” atau bundling penawaran menggiurkan dari agen travel umrah yang mereka percaya untuk mengurus keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tidak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan pergi / tidak. Mendadak sudah ramai jamaah yang terlanjur menyetorkan uang muka, kemudian dengan mudahnya owner travel membawa pegi uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pengusaha travel umrah sendiri, tidak adanya sistem yang jelas & teroganisir untuk manajemen data, keuangan, dan layanan lainnya mengakibatkan travel umrah bisa jadi lahan penyelewengan orang-orang yang tidak jujur. Sistem yang tidak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tidak loyal terhadap perusahaan untuk menyelewengkan dana calon jamaah, sehingga meskipun owner usaha sendiri sudah berusaha untuk jujur, mereka bisa terkena imbasnya juga.

kenyataannya, kasus penipuan semacam ini bisa dihindari dengan upaya mencari perusahaan travel umrah yang memiliki sistem manajemen perusahaan yang baik dan transparan. Hal ini kurang memungkinkan apabila perusahaan travel umrah masih memakai sistem manual, sebab jamaah tak dapat mengetahui progres keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi apabila jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi & akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tidak dapat memeriksa sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah / melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika usaha biro umrah sudah memakai sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda kelola. Misalnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, & kepastian jadwal pemberangkatan.
Jika jamaah dapat memeriksa secara langsung melalui web, maka mereka akan merasa tenang & nyaman menyerahkan dana dan pengurusan kelengkapan untuk umrah. Pengelolaan secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kesenangan mereka.

Erahajj menawarkan solusi bagi bisnis travel umrah Anda supaya bisa menjadi agen travel umrah yang profesional dan amanah dengan mengurus semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi dan pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, pada saat pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, dapat dicek progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Erahajj.