Mengidentifikasi Masalah Pada Travel Umrah beserta Solusinya - Hal yang sulit dilakukan adalah menyadari bahwa kita mempunyai masalah. Dalam sebuah bisnis, kita baru menyadari bahwa bisnis bermasalah bila sudah menjumpai masalah tersebut secara nyata.
Contohnya, pemilik travel umrah baru merasa bermasalah ketika akan mengisi SPT pajak, karena keuangan yang tidak dicatat dengan rapi. Atau masalah lain ketika mencari data jama'ah yang sudah pernah berangkat melalui travel umroh Anda, karena sistem pengarsipan atau pengelolaan database yang tidak rapi/berantakan, bahkan masih ditulis manual di kertas.

Padahal, apabila mau berpikir sejenak, semua masalah tersebut bisa dihindari dengan melakukan tindakan preventif. Anda bisa mencegah suatu masalah apabila Anda ingin memikirkan dan mengidentifikasi masalah itu jauh-jauh hari, dan mendapat solusinya.
Apalagi bila Anda berniat untuk memperbesar bisnis travel umrah Anda ke level yang lebih tinggi. Semakin maju usaha Anda, semakin banyak jamaah yang diberangkatkan ke tanah suci, Anda akan merasakan bahwa Anda sudah membutuhkan solusi atas itu semua.
Nah, berikut ini Erahajj akan berbagi tips untuk mengidentifikasi masalah pada travel umroh serta solusi dari sistem Erahajj untuk mengatasinya.
Introspeksi Kinerja Manajemen Travel Umrah Anda
Pertama, luruskan niat bahwa Anda sedang mencari kelemahan dari bisnis Anda bukan untuk mengada-adakan masalah yang tidak ada. Akan tetapi, ini adalah langkah untuk Anda menyiapkan kemungkinan di masa mendatang yang bisa jadi terjadi pada bisnis Anda.
Seringkali yang terjadi adalah suatu perusahaan tidak menyadari kalau di dalam perusahaan itu ada masalah. Sehingga kurang ada kesadaran, dimana hal ini apabila tidak ditangani akan berubah menjadi masalah besar.
Anda bisa melakukan introspeksi dengan mengevaluasi seluruh tim yang bekerja untuk travel umroh Anda. Anda juga bisa mulai dari track record Anda, masukan dari jamaah, hingga pendapat dari orang yang lebih ahli mengenai bisnis Anda.

Contohnya, perusahaan Anda masih lemah dalam mengarsipkan data jama'ah. Setiap kali transaksi, Anda kesulitan untuk menemukan data jama'ah yang tidak tersusun rapi di berkas-berkas di map atau file folder. Atau Anda kesulitan mencari di folder komputer Anda yang datanya masih offline, tidak ada back up data di online sehingga hanya bisa diakses di komputer tertentu saja.
Satu masalah ini saja sudah memerlukan energi yang besar sehingga pelayanan di travel umrah Anda dapat berjalan sangat lambat. Waktu yang diperlukan untuk menangani satu jama'ah saja bisa menghabiskan hingga berjam-jam akibat Anda harus mencari data yang entah di mana letak data jamaah tersebut.
Padahal, apabila Anda menggunakan sistem yang terintegrasi seperti Erahajj, hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk menginput data manifest jamaah, sekaligus Anda dapat menyimpannya di sistem secara online. Sangat praktis! Anda dapat melihat dan menyunting data kapan saja Anda ketika memerlukannya.
Hal ini juga bisa diimplementasikan pada bidang lain misalnya keuangan & inventory. Anda tidak perlu malu untuk mengintrospeksi kelemahan-kelemahan travel umroh Anda, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik Anda menyadari masalah tersebut & mencegahnya, daripada harus menanggung masalah yang lebih besar di kemudian hari.
Kelompokkan Masalah Sesuai dengan Urgensinya
Mungkin Anda tidak terlalu memiliki masalah dengan pengelolaan sistem yang sudah ada saat ini. Namun, Anda pasti setidaknya memiliki satu hal yang mengganjal di hati Anda. Misalnya, Anda sering mengalami kendala dalam sistem pembagian komisi untuk para agen. Atau masalah keuangan yang ruwet, yang membuat Anda geleng-geleng kepala saat melihat laporan keuangan bisnis Anda.

Berangkat dari masalah yang paling nampak, Anda bisa melihat dari sudut pandang yang lain bahwa ada masalah-masalah yang tidak terlalu penting namun cukup penting untuk dipikirkan. Mulai dari peningkatan kualitas pelayanan, strategi promosi dan lainnya. Hal itu dapat Anda tangani bila Anda telah berhasil membereskan hal-hal yang urgent untuk dirapikan.
Alhamdulillah, sekarang hadir sistem Erahajj, dimana Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengelola sistem travel umroh Anda dengan cara yang lebih mudah, menyenangkan dan hemat biaya. Anda dapat merasakan bedanya bila Anda sudah mengetahui bagaimana kami membuat manajemen travel umroh Anda lebih rapi dan terintegrasi.
Baca Juga : 3 Alasan Pentingnya Sistem Terintegrasi Untuk Travel Umrah Anda
Fokus Pada Solusi
Setelah berhasil mengidentifikasi masalah dalam tahap introspeksi dan membereskan masalah yang paling urgent, sekarang Anda coba fokus pada solusi yang Anda inginkan.

Tentunya, Anda ingin masalah-masalah teknis dalam travel umrah dapat teratasi dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sistem yang all in one, satu sistem untuk semua solusi travel umroh Anda. Anda tak perlu lagi capek-capek membeli & meng-install software terpisah, karena ada satu sistem khusus travel umroh yang dapat Anda percaya untuk menyelesaikan problem travel umrah Anda.
Sistem Erahajj kami rancang untuk memudahkan seluruh proses penanganan transaksi di travel umroh Anda. Lebih dari itu ada puluhan modul transaksi yang bisa dilakukan menggunakan software Erahajj. Kami menjamin, bahwa sistem kami adalah yang terlengkap dari sistem yang sudah ada dengan harga sangat terjangkau.
Jangan pikir panjang lagi, ayo segera hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai sistem Travel Umroh Erahajj, solusi untuk masalah yang terdapat pada travel umrah Anda!