Pada saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan pelanggan Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai cara marketing online yang dapat Anda jalankan untuk tetap eksis sehingga nantinya bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Aktivitas di rumah saja membuat pelanggan kian akrab dengan social media. Hal ini membawa keuntungan bagi pebisnis untuk bisa mencoba lagi strategi marketing online yang dapat dikejar. Jika Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu kanal saja misalnya Youtube, Anda bisa merambah media sosial lainnya supaya dapat lebih di kenal bukan hanya di satu kanal social media saja.
Begitu juga apabila Anda sebelumnya tidak fokus pada pemasaran berbasis konten SEO, Anda dapat mulai menekuni menciptakan konten-konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa menulis konten yang berkualitas dengan memanfaatkan salah satu fitur dari sistem Erahajj, yang mendukung Anda menyajikan berbagai konten dengan praktis dan mudah.
Berikut ini ada 5 strategi pemasaran digital agar usaha biro travel umrah Anda tetap eksis dan juga siap melayani jamaah saat pemerintah Arab Saudi membuka akses haji dan umrah saat pandemi Corona berhenti.
1. Manfaatkan Instagram
Instagram merupakan media sosial yang disukai oleh masyarakat. Dimana ada keramaian, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda bisa menciptakan konten-konten berbasis gambar berkualitas, video singkat, dan juga story yang bisa mengingatkan audiens Anda tentang umrah dan haji.
Gunakanlah strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identitas, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga orang ketika melihat postingan Anda akan langsung ingat kepada brand perusahaan Anda.
Dengan begitu, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Corona. Anda bisa menyajikan tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dll.
Bisa juga mengangkat tema positif yang bisa membuat orang menjadi semangat saat melihatnya. Konten yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat konten yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, sajikan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menebar kebaikan, bukan kecemasan.
2. Optimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga bisa menggunakan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang keamanan dan kesehatan, sehingga hindari beriklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu membungkus penjualan dengan konten yang menarik dan bermanfaat bagi jamaah.
3. Buatlah Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin belum mengoptimalkan marketing yang satu ini. Padahal, apabila ditekuni, Anda bisa merasakan benefit dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus menciptakan konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas merupakan asset bagi bisnis Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan menjadikan usaha Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan usaha Anda lebih baik di kemudian hari.
Saat pembaca memperoleh manfaat, mereka akan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun kepercayaan dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda tampilkan di website Anda seperti berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak visitor, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, tulisan berkualitas juga disukai google, sehingga jika pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan dengan mudah menemukan website Anda jika mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Gunakan Twitter
Twitter merupakan social media yang banyak diakses oleh masyarakat. Anda bisa mulai eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bernilai dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat usaha Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda bisa eksis.
5. Buat Video Youtube yang Menarik
Satu lagi social media yang bisa Anda manfaatkan supaya usaha Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda pakai untuk mengupload video-video seputar umrah dan haji.
Buat konten tentang tips umrah, tips haji, tips beribadah, panduan wisata yang berhubungan dengan umrah, dsb.
Selain menebar konten positif, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel umrah yang profesional dan terpercaya.
Sisipkan nilai-nilai yang ada pada bisnis Anda, sehingga jamaah yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Itulah 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda praktekkan. Jangan pernah menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah bisnis Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani jamaah pada saat akses ibadah haji dan umrah dibuka kembali.
Jika Anda ingin mengelola konten dan media sosial dengan lebih baik, cobalah fitur pengelolaan web dan konten dari Erahajj Indonesia, yang bisa menunjang marketing online Anda.