Pentingnya Sistem CRM Bagi Bisnis Travel Umrah - Bagi Anda yang memiliki bisnis usaha travel & travel umrah, Anda mungkin sedang memikirkan langkah strategis untuk membuat bisnis Anda bertahan di era pandemi Covid 19 ini. Mewujudkan bisnis Anda selalu bertahan bisa dimulai dengan cara mempertahankan pelanggan agar loyal kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umrah dibuka kembali, Anda sudah siap untuk melayani pelanggan. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan membeli, tidak dapat dilakukan tanpa adanya database dan sarana komunikasi. Anda dapat tetap terhubung dengan pelanggan dalam artian jamaah umrah Anda bila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap pelanggan dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj kini memiliki sistem CRM/Customer Relationship Management yang bisa memberi manfaat untuk mempermudah travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan jamaah lama Anda sambil terus menebar jala untuk meraih kepercayaan pelanggan baru. Hal ini dapat diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dikelola dengan baik akan menghasilkan benefit dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM dari Erahajj, kami akan memaparkan terlebih dahulu pengertian dan manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi bisnis travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM adalah suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat travel Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan bermodalkan database pelanggan & juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual dan pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem Customer Relationship Management/CRM agar Anda dapat memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan & sejauh mana calon pelanggan dapat menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda tentu penasaran, mengapa saat ini hampir semua usaha bisnis sangat memerlukan Customer Relationship Management/CRM untuk kelangsungan bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan selalu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umroh Anda memiliki pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membina kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Bila pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem Customer Relationship Management/CRM.
Selain itu, Anda juga akan dapat menggolongkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Misalnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up Sekadarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Semua itu hanya mungkin dilakukan bila Anda mempunyai sistem Customer Relationship Management/CRM, yang dapat merekam database & aktivitas pelanggan Anda. Anda juga bisa menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda dapat memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem Customer Relationship Management/CRM, Anda bisa mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, bila hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order dan juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, seperti itulah manfaat dari CRM/Customer Relationship Management yang bisa Anda dapatkan bila Anda menggunakan software khusus CRM/Customer Relationship Management. Kini, Anda bisa mendapatkan sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem CRM Erahajj Indonesia bisa digunakan pula untuk mengirimkan email & sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa menyebarkan konten promosi & juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tidak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!