Brand Awareness ialah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial dibandingkan media massa konvensional seperti koran atau televisi. Namun, bukan berarti media konvensional tidak bisa digunakan, karena bisa jadi target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja untuk perusahaan travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target pasar produk umrah Anda bisa saja merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda mesti memahami dulu apa kepentingan membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mengetahui atau melihat brand Anda. Sasaran utamanya ialah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik konsumen lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa bisnis Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah tepat yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang telah dibahas di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa memiliki keunggulan tersendiri yakni dapat menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, sasaran market yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda bisa menganggarkan biaya iklan sesuai dana yang Anda miliki.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target pasar di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang bisa ditempuh. Orang menyukai kegiatan atau acara yang memiliki nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan tampak lebih profesional bila rekanan Anda telah mempunyai tempat di hati konsumen. Misalnya, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup sederhana untuk ditempuh guna membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. mengakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang bisa Anda gunakan pada perusahaan travel umrah Anda. Anda dapat mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka peluang untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!