Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu teknik pemasaran yang harus Anda terapkan adalah metode eksperiental marketing. Metode pemasaran yang diperkenalkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita dapat membuat pelanggan jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi pelanggan yang setia dengan melakukan pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menerapkan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Menurut asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing artinya mengoptimalkan pengalaman konsumen untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati konsumen tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena konsumen mendapati sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.
Berbicara terkait pengalaman, konsumen akan merasa terlibat dengan suatu produk jika mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana konsumen bisa sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umroh Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba bisa dipergunakan sebagai metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang bisa kita pelajari dalam eksperiental marketing adalah sebagai berikut:
- Pengalaman pelanggan adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh pelanggan, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif konsumen terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, karena ketika sisi emosional pelanggan berhasil disentuh, maka pelanggan membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal bukan jadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang dapat kita gunakan dari metode ini, diantaranya:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah
Metode pemasaran apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan serius. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab dikenal dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar atau pelatihan tentang umrah. Anda dapat menjelaskan kepada calon jamaah terkait nilai ibadah umrah. Apa yang dapat mereka rasakan, ketika menjalankan ibadah umrah tersebut.
Ciptakan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, semisal dengan memutar video-video yang relevan dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian terkait umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan lain-lain. Untuk pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang bersinggungan dengan umrah. Usahakan untuk merancang materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga usaha untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan dapat terpenuhi.Baca Juga : Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus?Itulah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan sebagai langkah untuk menerapkan metode eksperiental marketing untuk travel umrah Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan untuk para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah (dan menyenangkan bagi jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda persiapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.