Penerimaan barang perlengkapan seperti koper, buku manasik, mukena, pakaian seragam dan sebagainya untuk jamaah dari travel umrah merupakan salah satu pelayanan yang rutin dikerjakan di travel umrah. Aktivitas ini terbilang cukup penting, karena jamaah harus dipastikan menerima kelengkapan barang penunjang ibadah umrah mereka, agar ibadah mereka lancar di tanah suci. Travel sudah seharusnya melayani dengan cermat keperluan jamaah, sehingga jamaah bisa menerima haknya sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan paket umrah yang mereka pesan.
Masalahnya, penerimaan kelengkapan ini bisa menjadi membingungkan jika tim Anda tidak mempunyai kontrol untuk mengecek apakah jamaah sudah menerima barang yang sesuai dan seharusnya mereka terima atau belum. Bisa jadi, jamaah mendapatkan barang yang kurang sesuai, menerima barang yang seharusnya tidak mereka terima, atau justru belum menerima barang yang seharusnya diterima karena persediaannya kosong.
Ketika travel umrah Anda masih memakai cara manual, tentunya hal ini akan menyulitkan admin untuk mengecek penerimaan barang kelengkapan, karena harus konfirmasi satu per satu ke jamaah maupun ke bagian persediaan. Prosesnya juga akan menjadi panjang dan rumit, bila pencatatan penerimaan ini tidak langsung terhubung dengan data jamaah dan data persediaan.
Oleh sebab itu, Erahajj menghadirkan update sistem terbaru, di mana Anda dapat melakukan pencatatan penerimaan barang sesuai dengan kondisinya. Adakalanya, jamaah tidak berhak menerima barang karena disesuaikan dengan fasilitas paket yang mereka beli. Maka, Anda bisa mencatatkan penerimaan barang kelengkapan dengan label “Tidak Menerima” pada data penerimaan barang.
Di fitur sebelumnya, label “Tidak Menerima” ini belum disediakan. Kini, Anda bisa menambahkan label tersebut pada kolom keterangan penerimaan barang sehingga data yang Anda input bisa dicatatkan secara akurat sesuai dengan kondisi masing-masing pelanggan.
Anda dapat mengubah data penerimaan kelengkapan pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Transaksi > Paket Umrah > Data Transaksi.
Pada data transaksi yang ingin diubah, klik menu Opsi > Detail Transaksi > Tab Penerimaan Kelengkapan > Status Penerimaan > Tidak Menerima. Sesuaikan data penerimaan seperti tanggal penerimaan dan tambahkan catatan jika diperlukan, lalu klik Simpan Data.
Selain bisa mengatur data kelengkapan, Anda juga bisa mencetak bukti penerimaan atau mendownload bukti penerimaan dalam bentuk file PDF. Hal ini membantu Anda untuk menyerahkan tanda terima kepada jamaah baik dalam bentuk cetak maupun digital. Anda juga bisa mengunduh data penerimaan perlengkapan dalam satu kelompok dengan format file Excel. Praktis, bukan?
Anda bisa menyimak fitur ini selengkapnya melalui tutorial yang sudah kami sediakan pada link berikut ini :
Demikian update fitur dari Erahajj. Apabila Anda ingin menggunakan fitur Erahajj secara keseluruhan, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paket softwarenya! Semoga artikel ini bermanfaat.