Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa kini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi tentang bisnis travel umrah Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang dapat Anda pakai untuk memasarkan produk paket umrah Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, Anda dapat mengatur postingan promosi Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Biasanya, orang membuat sosial media untuk berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang berniat ingin membeli sesuatu di media sosial. Jikalau ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu rekan mereka menjual produk yang mereka mau.Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung segan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang diterapkan penjual tidak terasa seperti iklan. Inilah yang sering disebut dengan iklan tersembunyi. Nah, sebab orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita memperkenalkan produk kita kepada calon pelanggan? Tentunya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebetulnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang sering digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, kemudian carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian para user facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Karena, bila Anda hanya mengunggah mengenai jualan Anda, maka teman Anda akan mudah bosan. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda bisa menggunakan gaya bahasa bercerita, semisal saat menceritakan bagaimana proses umrah yang biasanya dilakukan oleh travel umrah Anda. Pakailah bahasa yang ringan, dengan disisipi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda dapat menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda bisa mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka upayakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatkan postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda bisa sesekali membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk mengoptimalkan performa instagram Anda. Biasanya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang sudah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, selanjutnya Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, sebaiknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Buatlah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan dan bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan merupakan paket ibadah umrah. Pastinya, materi promosi Anda juga mesti sesuai dengan apa yang Anda jual.Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket UmrahSeperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk meningkatkan reputasi kita di hati konsumen. Jangan berharap langsung closing saat beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang telah Anda persiapkan, misalnya lewat jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian cara menggunakan media sosial untuk promosi bisnis travel umrah Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Erahajj. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel umrah Anda.