Setiap perusahaan tentu ingin berkembang seiring waktu. Begitu juga dengan usaha travel umrah. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan kualitas produknya bagi jamaah, agar dapat memberikan pelayanan ibadah umrah yang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk meraih kepuasan pelanggan, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas adalah strategi untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa, agar produk & layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk meminimalisir kesalahan pada produk dan layanan yang dijual kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk perlengkapan umrah, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah dan haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan demikian, banyak hal yang harus betul-betul dijaga kualitasnya, supaya citra yang terbentuk bisa membuat jamaah percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis travel umrah mengedepankan kepercayaan jamaah yang memakai jasa perusahaannya. Tidak jarang, travel memperoleh rekomendasi jamaah baru dengan cara getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan travel saat mereka berumrah dengan travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan pelanggan tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini bisa dilakukan apabila perusahaan mempunyai sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk manaemen pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dibantu dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya adalah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah dapat mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan oleh perusahaan kepada jamaah yang telah berangkat umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Misalnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar makanan yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari pertama berangkat sampai kepulangan.
Suara konsumen tersebut merupakan saran berharga bagi perusahaan agar manajemen kualitas travel umrah bisa dijalankan secara optimal. Lalu, bagaimana supaya manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Pemakaian Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah merupakan solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya bisa diterapkan dengan maksimal. Pemakaian sistem digital travel bisa mempermudah proses manajemen travel, sehingga kualitas pelayanannya bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel yang masih mempertahankan sistem konvensional dalam menjalankan travelnya, pasti akan jauh tertinggal dengan pesaingnya yang telah beralih ke sistem digital. Bagaimana tidak, ibaratnya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lain sudah melesat naik jet, memanfaatkan teknologi terkini dengan menggunakan sistem travel umrah yang lengkap & terintegrasi.
Tentunya, kualitasnya jauh berbeda. Karena, travel yang telah memakai software digital dapat menyederhanakan proses bisnisnya, sehingga pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini bisa dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh waktu berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini karena software digital travel yang canggih bisa mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel.
Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya bisa meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi jika sistem digital travel umrah yang mereka gunakan mempunyai fitur yang lengkap dan terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Kaitannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM dapat digunakan untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas supaya jamaah makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, saat travel umrah sudah menerapkan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk meraih hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara agar bisnis tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tidak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi bila mereka dapat membawa jamaah lain, misalnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang butuh mendapatkan perhatian supaya bisa dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel Anda memakai sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap & terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel umrah Anda!