6 Langkah Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah - Jika Anda ingin meningkatkan jumlah jamaah umrah, Anda harus mengetahui faktor-faktor yang dapat membuat jamaah Anda tertarik untuk mendaftar umrah di tempat Anda. Salah satunya ialah sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di tempat Anda.Seperti yang kita tahu, di bisnis jasa, karyawan merupakan salah satu asset berharga yang dapat mempengaruhi secara langsung kinerja perusahaan Anda. Pelayanan yang baik dari karyawan Anda kepada konsumen ialah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelayanan jasa Anda.Tidak mungkin pelanggan akan menjadi customer setia bila ia tidak dilayani dengan baik. Mereka akan berpikir dua kali bila ingin kembali melakukan repeat order atau merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekannya, bila pelayanan dari customer service biro travel umrah Anda mengecewakan.Baca Juga : 7 Tips Merekrut dan Membina Karyawan Biro Travel Umrah Lalu, bagaimana agar jamaah Anda semakin meningkat dengan memaksimalkan potensi karyawan yang Anda punya? Temukan jawabannya dalam artikel 6 Langkah mengelola SDM untuk meningkatkan jumlah jamaah umrah Anda berikut ini.
Perbaiki Hubungan Anda dengan Karyawan
Langkah pertama untuk membuat tim Anda lebih maksimal kinerjanya ialah dari diri Anda sendiri harus berupaya untuk memperbaiki hubungan dengan karyawan. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, jangan cuma menekanmenuntut karyawan untuk bekerja keras saja, namun berikanlah peluang mereka agar memperlihatkan karya mereka yang terbaik.Anda bisa mulai dengan cara menyapa karyawan Anda dengan ramah setiap kali berpapasan. Tanyakan kabar mereka, keluarganya. Bila Anda memiliki waktu, sempatkan untuk mengadakan rapat atau pertemuan di luar kantor untuk membangun chemistry dengan karwayan Anda.Baca Juga: Keuntungan Menjalankan Bisnis Travel Umrah dengan Misi Sosial Hubungan yang baik atau silaturahim yang terjalin dengan tim Anda dapat membuka pintu rezeki Anda. Itu berarti, upaya Anda juga akan mengalami kemajuan, atas izin Allah.
Berikan Training Kepada Karyawan Secara Berkala
Memberikan training kepada karyawan baru memang sudah menjadi hal yang wajib bagi Anda. Namun, memberikan training lanjutan juga penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan perkembangan masa dan teknologi, sehingga mau tidak mau Anda harus kembali memberikan training kepada karyawan Anda supaya tidak ketinggalan zaman.Baca Juga : 5 Pertimbangan untuk Memilih Software Travel UmrahApalagi jika Anda menggunakan teknologi terbaru, misalnya software khusus travel umrah, Anda dapat mendelegasikan karyawan Anda untuk mendalami penggunaannya, sehingga Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik.
Upgrade Kemampuan Karyawan Anda
Selain memberikan pelatihan, Anda bisa juga mengupgrade kompetensi rimAnda dengan cara memberikan instruksi kepada mereka mengikuti seminar, pelatihan, workshop, mengikuti kelas-kelas tertentu yang berkaitan dengan bidang yang mereka kerjakan.Anda bisa mandanai mereka untuk mengikuti pelatihan tersebut agar kompetensi mereka semakin bagus. Mengelola asset yang sudah ada merupakan investasi jangka panjang, agar Anda dapat menghemat banyak anggaran dibandingkan harus merekrut karyawan baru yang minim pengalaman.
Agendakan Outbond dan Refreshing Bersama
Selain training yang bersifat formal, Anda juga dapat menjadwalkan outbond atau acara refreshing yang sifatnya lebih santai. Akan tetapi, dalam outbond tersebut juga terselip peningkatan skill tim, terutama dalam hal intrapersonal.Hal ini cukup efektif agar karyawan Anda tidak mengalami kejenuhan ketika bekerja, sehingga mereka tetap dapat melayani jamaah secara maksimal, selalu ramah kepada jamaah dan juga bisa mengeluarkan ide-ide kreatfitas mereka yang baru.
Pantau Pekerjaan Karyawan Anda dengan Aplikasi Khusus
Anda dapat memaksimalkan kemampuan karyawan Anda dengan selalu memantau pekerjaan mereka lewat aplikasi khusus. Saat ini banyak yang dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berbasis cloud, sehingga pekerjaan tim Anda dapat Anda pantau di manapun asal ada koneksi internet.Yang paling mudah adalah dengan membuat workseet untuk laporan progres rencana pekerjaan, pekerjaan yang sedang berlangsung dan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Hal ini akan meminimalisir karyawan yang suka magabu alias makan gaji buta.Baca Juga : Kapan Bisnis Travel Umrah Anda Membutuhkan Software KhususSelain menghemat waktu, cara kerja dengan workspace online ini juga dapat meningkatkan hubungan karyawan dengan calon jamaah, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan pun semakin terbuka lebar. Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus travel umrah agar perusahaan Anda semakin efisien.
Berikan Insentif atau Challenge dengan Reward Menarik
Adakalanya, memberikan insentif kepada karyawan dapat meningkatkan pula kinerja karyawan. Mereka akan merasa beruntung berada di perusahaan Anda, hasil karya mereka dihargai dan merasa dibutuhkan. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan mereka kepada jamaah, yang artinya, kepuasan pelanggan juga akan meningkat berkat service karyawan Anda.Anda bisa pula memberikan kejutan hadiah yang tidak disangka-sangka, contohnya ketika karyawan Anda memiliki momongan baru, atau pindah ke rumah baru, Anda dapat memberikan perhatian berupa kejutan hadiah yang layak untuk mereka.Baca Juga : Terlengkap di Dunia, Mengenal Lebih Dekat Fitur ErahajjSelain insentif, Anda bisa mencoba cara lainnya yaitu memberikan challenge atau tantangan kepada karyawan. Misal di bidang marketing, Anda bisa membuat kompetisi penjualan terbanyak selama periode tertentu. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah menarik yang bisa Anda tentukan sendiri.Nah, itulah cara-cara mengelola SDM agar jumlah pelanggan Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar usaha Anda dapat menemukan SDM-SDM yang berkompeten, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya.