Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mengenal beberapa Enterprise Resource Planning (ERP) yang bisa membantu Anda dalam manajemen perusahaan. Bisa dibilang, perusahaan yang masih menjalankan bisnisnya dengan cara manual akan sangat tertinggal karena sekarang ini zamannya sudah serba digital.
Bukan hanya bicara manajemen operasional seperti administrasi dan keuangan saja yang harus mendapatkan perhatian. Anda juga bisa memanfaatkan ERP untuk membantu Anda dalam mengelola karyawan atau SDM yang ada di perusahaan Anda.
Pengelolaan karyawan yang tepat bisa menjadi kunci sukses usaha Anda. Apabila karyawan Anda bekerja sesuai dengan aturan, maka Anda dapat memaksimalkan kinerja mereka untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen karyawan meliputi hal-hal berikut ini :
Rekrutmen
Mendapatkan talenta-talenta terbaik dimulai dari proses perekrutan yang benar. Anda harus mengatur tentang persyaratan karyawan yang akan bergabung di perusahaan Anda. Termasuk melakukan serangkaian tes & wawancara, serta mengolah hasil penilaian dari tes-tes tersebut.
Seleksi karyawan akan semakin mudah bila Anda menggunakan sistem ERP. Jadi, Anda tidak perlu pusing dengan manajemen data karyawan baru beserta proses rekrutmennya, karena semuanya bisa dicatatkan di sistem.
Database
Pengelolaan karyawan berikutnya adalah mengumpulkan data karyawan perusahaan Anda. Data utama seperti informasi umum, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, informasi cuti, dan lain-lain dapat Anda manage dengan lebih mudah menggunakan sistem. Jadi, tidak perlu bingung mencari data karyawan di saat Anda memerlukannya.
Kinerja Karyawan
Berikutnya adalah kinerja karyawan. Idealnya, tim Anda dapat membuat rencana kerja, serta bisa memasukkan data laporan kerja harian (daily report) supaya Anda dapat memantau kinerja karyawan Anda secara realtime. Termasuk pula absensi harian, sehingga Anda dapat memantau kedisiplinan karyawan Anda.
Hal ini dapat diwujudkan jika Anda memakai sistem ERP yang tepat, sehingga karyawan Anda bisa lebih termotivasi dalam bekerja karena adanya laporan kerja yang harus dipertanggungjawabkan oleh setiap.
Payroll
Yang tak kalah penting, payroll atau penggajian merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memberikan hak karyawan secara cermat. Anda dapat mengelola detail penggajian sesuai dengan kebijakan serta performa setiap karyawan. Jadi, tak ada lagi cerita salah transfer gaji, karena perhitungan gaji yang tidak sesuai.
Nah, bila ingin bisnis Anda lebih maju, kini saatnya Anda beralih ke sistem digital untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan Anda. Pilih ERP yang tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk travel umrah, Anda tak perlu lagi membeli aplikasi Human Resources (HR) terpisah jika Anda sudah berlangganan sistem digital Erahajj.
Ya, Erahajj menyediakan fitur Manajemen SDM yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola SDM yang ada di travel Anda. Anda bisa melengkapi database karyawan, monitoring performa, hingga mengelola data payroll secara detail dengan satu sistem saja. Mudah, kan?
Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, segera hubungi tim Customer Support Erahajj untuk memperoleh informasi lebih lanjut dan aktivasi sistemnya. Selamat mencoba!