Pada akhir Desember 2023, pemerintah resmi mengganti e-KTP dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD merupakan dokumen kependudukan dalam aplikasi digital yang dapat diakses via smartphone.
Masyarakat bisa mengaktifkan IKD di Dukcapil, dengan membawa persyaratan seperti e-KTP, email, nomor ponsel aktif dan smartphone untuk download aplikasi IKD di Play Store atau App Store.
IKD memiliki keunggulan dibandingkan dengan e-KTP antara lain adanya integrasi data seperti NPWP, BPJS, kartu vaksin, serta DPT Pemilu. Selain itu, IKD bisa memudahkan pelayanan publik, karena masyarakat tidak perlu lagi membawa fotokopi KTP. Nantinya, untuk mengurus layanan publik, Anda cukup menunjukkan QR Code pada aplikasi IKD.
Lalu, bagaimana cara aktivasi IKD?
Mengurus IKD ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu hadir di Dukcapil dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Kemudian, ikuti langkah berikut untuk proses aktivasinya, yang akan dipandu oleh petugas Dukcapil.
- Download aplikasi IKD di Play Store/App Store
- Login dengan memasukkan NIK, email dan nomor ponsel, kemudian tekan tombol verifikasi data
- Lakukan verifikasi wajah dengan memilih menu ambil foto
- Scan QR Code yang ada pada Dukcapil
- Buka akun email yang terdaftar, lalu cek kode aktivasi
- Masukkan kode aktivasi & captcha pada aplikasi IKD
- IKD Anda sudah aktif
Transformasi e-KTP menjadi IKD adalah terobosan untuk memaksimalkan pelayanan publik secara digital. Anda tak perlu lagi membawa e-KTP maupun fotokopinya lagi, sehingga menghemat anggaran untuk proses cetak e-KTP. IKD juga dinilai lebih praktis karena tinggal dibuka di smartphone saja.
Namun, karena penerapan IKD masih bertahap, Anda masih perlu membawa e-KTP apabila sewaktu-waktu diperlukan. Upaya pemanfaatan digitalisasi untuk identitas kependudukan ini patut diapresiasi karena pemerintah sigap beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
Nah, kalau KTP saja sudah bertransformasi digital, giliran bisnis Anda yang juga beradaptasi digital dengan menggunakan sistem digital yang tepat. Segera beralih ke sistem digital travel Erahajj untuk memudahkan Anda dalam manajemen database, transaksi, pembayaran, keuangan, persediaan, HR, dan CRM.
Dengan menggunakan sistem terintegrasi, bisnis Anda akan lebih mudah bersaing dengan para kompetitor Anda, karena dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yuk, segera aktifkan sistem Erahajj untuk bisnis travel Anda!