Digitalisasi terbukti membawa perubahan positif bagi bisnis. Dikutip dari techinasia.id PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjadi merek yang paling bernilai di Asia Tenggara pada tahun 2023.
Brand BCA mencapai nilai $23 miliar atau setara dengan Rp356 triliun. BCA dapat mencapai hal ini karena perusahaannya berinisiatif melakukan transformasi digital, mulai dari mobile banking & layanan digital lainnya.
Berdasarkan laporan dari Kantar, sebuah perusahaan konsultasi dan data global, BCA merupakan satu-satunya merek Asia Tenggara yang berhasil masuk ke jajaran brand paling bernilai di seluruh dunia. BCA berada pada posisi ke-74 dari 100 merek paling bernilai.
Angka yang dicapai BCA melampaui brand lain seperti BRI, DBS, dan UOB. Meskipun merek-merek global mengalami penurunan sebesar 20% secara keseluruhan dibandingkan tahun 2022, namun BCA masih mengalami pertumbuhan tahunan. Hal ini cukup menggembirakan, karena BCA masih bisa mencapai pertumbuhan sebesar 12%.
Meski secara ekuitas brand menjadi yang paling bernilai, namun laba yang dicatatkan BCA lebih rendah. BCA menjadi unggul dalam brand karena kemampuannya dalam menciptakan permintaan dan mempengaruhi pilihan customer. BCA bertransformasi digital dalam layanan mobile banking dan e-walletnya, sehingga minat pelanggan untuk bertransaksi pun meningkat.
Belajar dari BCA, setiap bisnis bisa memperkuat brand-nya menjadi lebih bernilai dengan menggunakan teknologi untuk transformasi digital. Di era serba digital ini, fokus mengembangkan bisnis ke arah digitalisasi guna meningkatkan kepercayaan customer. Konsumen juga sudah semakin sadar digital, sehingga bila perusahaan tak mampu melayani kebutuhan pelanggan maka akan disalip oleh kompetitor yang memahami peluang dibalik digitalisasi ini.
Itulah mengapa, setiap bisnis|perusahaan) harus mulai transformasi digital. Contohnya adalah bisnis travel yang dapat memulai adaptasi digital dengan cara menggunakan sistem digital untuk travel umrah. Anda bisa menggunakan sistem digital terintegrasi untuk mengakselerasi perusahaan Anda agar tidak tertinggal dari kompetitor-kompetitor Anda.
Segera berpindah ke sistem digital untuk perubahan nyata menjawab tantangan di era global. Aktifkan sistem digital terintegrasi Erahajj untuk mendukung langkah perubahan Anda dari cara konvensional menuju transformasi digital bisnis travel umrah & haji!