Setiap pebisnis mempunyai formula untuk menjadikan bisnisnya makin berkembang dan sukses. Begitu juga pada bisnis travel umrah. Anda bisa membuat usaha Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan empati kepada jamaah atau pelanggan Anda.
Sebelum membuat sebuah produk atau layanan, kita harus bisa menempatkan diri menjadi pelanggan, sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang dapat Anda isi agar bisa menghadirkan solusi bagi permasalahan pelanggan Anda.
Bagaimana empati dapat menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihatlah dari sudut pandang konsumen. Sebagai pengusaha biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang bisnis saja. Bagaimana mendapatkan profit yang lebih banyak dengan modal yang minimal. Padahal, jika kita mau merasakan sejenak bagaimana bila kita berada di sisi pelanggan, kita akan mempunyai jauh lebih banyak referensi supaya bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda dapat menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin berumarah dengan tenang & khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Barang perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan pembimbing umrah yang berpengalaman.
Hal ini lebih mudah diwujudkan jika bisnis Anda telah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi bisa lebih mudah dan cepat. Penyerahan perlengkapan pun tertata dengan baik, sehingga pelanggan Anda tak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menghadirkan totalitas. Anda yang bisa berempati kepada pelanggan Anda tentu akan all out dalam menghadirkan pelayanan. Anda sendiri sebagai jamaah tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan customer. Jika terlayani dengan baik, pelanggan akan merasa nyaman beribadah umrah dengan travel Anda dan akan menghasilkan repeat order karena pelanggan merasa puas. Mereka akan merekomendasikan bisnis Anda pada calon pelanggan lain dengan senang hati berkat totalitas pelayanan yang Anda hadirkan.
Ketiga, menghadirkan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda bisa menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Anda juga dapat membuat harga yang pantas bagi jamaah, memastikan apa yang mereka terima sudah sesuai dengan apa yang mereka bayarkan. Tanpa empati kepada jamaah, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada keuntungan bisnis tanpa mempertimbangkan hak-hak pelanggan Anda.
Demikian tips supaya bisnis Anda semakin berkembang dan sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan Anda. Jika ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk memakai Erahajj yang dapat membuat manajemen bisnis Anda lebih rapi. Anda pun dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!