Berbicara masalah penjualan, tentunya ada kaitannya dengan pelanggan yang akan membeli produk atau jasa kita. Ketika kita berusaha membuat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, tentunya kita harus mau meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan apa kata pelanggan. Ketika pelanggan mengatakan kebutuhan & keinginannya, kita berpeluang untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Oleh karena itu sangat penting bagian penjualan atau tim sales and marketing menyediakan waktu bagi para pelanggannya untuk menggali kebutuhan mereka. Misalnya saja di bisnis travel umrah yang Anda kelola, Anda dapat melakukan follow up rutin kepada jamaah Anda yang sedang menunggu tanggal keberangkatan. Anda juga dapat melakukan follow up kepada prospek yang telah Anda jaring leads-nya, sehingga Anda bisa menawarkan paket umrah yang pas bagi mereka.
Jangan anggap sepele kegiatan mendengarkan pelanggan ini. Meski nampaknya buang-buang waktu, kita bisa mendengar jamaah, kemudian memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Kita akan semakin mengerti apa yang diinginkan oleh jamaah kita, sehingga dalam membuat paket atau pelayanan umrah & haji, kita dapat membuat paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan jamaah saat ini.
Jadi, kita benar-benar bisa merasakan dari sudut pandang jamaah sendiri, bukan hanya berasumsi bahwa kita telah melakukan pelayanan yang terbaik bagi jamaah kita. Salah satu cara agar kita dapat mencatat apa yang dimaksud pelanggan kita adalah dengan memakai fitur Customer Relationship Management atau CRM. Ketika data tentang obrolan kita dengan jamaah terekam dengan baik, maka kita bisa dengan mudah melakukan evaluasi, serta follow up lebih lanjut.
Untungnya, sekarang ini ada sistem manajemen travel umrah seperti Erahajj yang telah dilengkapi dengan fitur CRM. Anda dapat membuat catatan yang detail kapan Anda melakukan follow up kepada jamaah maupun prospek Anda. Anda juga bisa mendelegasikan dengan mudah prospek tersebut kepada tim lainnya, sehingga jika ada tim yang belum bisa follow up lagi, tim lainnya bisa dengan mudah melanjutkan follow up. Dengan demikian, Anda tak akan kehilangan prospek yang potensial, serta bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.
Untuk jamaah sendiri, Anda juga bisa melakukan follow up secara berkala. Bersilaturahmi memang bisa membuka rezeki. Dengan aktif mengobrol dengan pelanggan Anda, Anda akan lebih dekat dengan pelanggan, serta bisa menggali lebih dalam lagi kebutuhan jamaah Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan inovasi terbaru terkait dengan pelayanan jamaah ketika berada di Saudi. Anda juga bisa membuat paket yang lebih menjual, berkat masukan-masukan dari pelanggan Anda.
Itulah tips laris jualan dengan jalan mendengarkan “suara pelanggan” Anda. Apabila Anda ingin memaksimalkan penjualan Anda, dapat dicoba ya tips-tips di atas. Jangan lupa untuk mempererat hubungan Anda dengan pelanggan dengan menggunakan fitur CRM dari Erahajj. Erahajj membantu bisnis travel Anda lebih berkembang dengan fitur yang lengkap & terintegrasi.
Segera aktivasi sistem Erahajj untuk bantu meningkatkan penjualan di bisnis travel umrah Anda!