Setiap bisnis pasti memiliki strategi untuk mendongkrak penjualan produknya. Bisa dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran, atau dengan mendesain produk unggulan. Jika Anda memilih yang kedua, maka Anda dapat menciptakan Halo Effect untuk leverage keseluruhan produk yang Anda miliki.
Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Halo Effect? Bagaimana Halo Effect bisa menjadi leverage untuk penjualan bisnis Anda? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini.
Mengenal Halo Effect
Halo Effect adalah bias kognitif yang terjadi ketika kesan positif awal mempengaruhi penilaian secara keseluruhan. Biasanya, Halo Effect ini terjadi ketika wawancara kerja, penilaian atasan saat di tempat kerja, hingga kesan saat pertama kali bertemu seseorang.
Teori yang ditemukan oleh Edward L. Thorndike ini membawa dampak yang cukup signifikan terutama pada tingkat penerimaan kandidat yang telah menyelesaikan wawancara kerja. Namun, tak terbatas pada dunia kerja saja. Halo Effect juga dapat kita terapkan di dunia marketing bisnis.
Contoh Halo Effect pada Bisnis
Salah satu contoh paling terkenal dalam penerapan Halo Effect pada dunia bisnis adalah perusahaan Apple saat menjual produk Ipod. Pada tahun 2005, penjualan Apple Computer naik 68%, keuntungan naik 384% dan saham Apple naik 177%.
Hal tersebut diduga kuat adalah Halo Effect yang ditimbulkan oleh Ipod, sehingga Ipod menjadi produk jagoannya Apple. Ketenaran Ipod mengangkat penjualan produk-produk Apple yang lain, sampai keuntungan dan saham Apple juga ikut naik.
Sangat menarik, bukan?
Kuncinya adalah pada produk andalan yang bisa mendongkrak sales di perusahaan tersebut. Produk lain akan lebih mudah terjual setelah ada salah satu produk yang berhasil memberikan Halo Effect. Lalu, bagaimana sih penerapannya di bisnis Anda?
Penerapan Halo Effect Pada Bisnis Travel
Sebenarnya, bisnis travel umrah memiliki produk yang dapat dikatakan akan selalu ramai peminat. Apalagi sekarang ini minat masyarakat sangat tinggi terhadap ibadah umrah, sehingga lebih mudah untuk mengedukasi terkait nilai dari produk andalan Anda.
Anda dapat membuat paket-paket umrah yang mempunyai keunikan serta kelebihan dari paket umrah pada umumnya yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Tidak harus paket yang berharga murah|murah, lho!). Paket umrah exclusive yang ditawarkan dengan harga tinggi pun bisa menarik segmen pasar tertentu. Anda bisa melakukan percobaan, paket apa kira-kira yang paling menarik minat customer.
Setelah menentukan produk andalan Anda, curahkan segala energi, waktu, tenaga dan biaya untuk membuat produk Anda memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan jamaah. Upayakan agar produk Anda dikenal oleh calon jamaah, sehingga mereka akan tertarik membeli, sekaligus dapat membuat bisnis Anda lebih terkenal.
Dengan demikian, produk Anda lainnya juga dapat dipilih oleh konsumen. Mungkin, paket tersebut kurang sesuai dengan selera konsumen, maka konsumen bisa membeli paket lain yang Anda jual. Tinggal Anda yang harus jeli dan bisa membuat konsumen Anda yakin dengan produk yang Anda jual.
Itulah tips untuk memanfaatkan Halo Effect bagi penjualan bisnis Anda. Semoga bisa diterapkan dan penjualan Anda semakin tinggi! Jangan lupa untuk memakai sistem manajemen travel umrah yang profesional seperti Erahajj! Anda dapat mengoptimalkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terkini agar tidak ketinggalan dari pesaing Anda!