Ketika memiliki bisnis travel umrah, kepuasan jamaah yaitu salah satu tujuan yang (ingin dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel umrah kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini sebagai pertimbangan serius bagi pebisnis biro travel umrah, sehingga Anda bisa mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan jamaah Anda. Pasti strategi ini dampaknya tidak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tetapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan jamaah. Setiap jamaah yang Anda berangkatkan umrah adalah orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya jamaah yang Anda handle dalam satu kloter, bukan menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu tentu ada satu dua yang membutuhkan perhatian khusus misal jamaah yang ada riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa jadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda berikan untuk pelanggan sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa kesal sejenak, namun apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha travel umrah, Anda bisa melakukannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang dapat Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Artinya, calon pelanggan Anda akan bertambah dan usaha Anda akan semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik yaitu orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, mengharapkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi biro travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat biro travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika ingin membeli paket umrah untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah umrah mereka. Tidak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan ketika ingin mendaftar umrah, membayar biaya umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka dapatkan ketika beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha biro travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda ataupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang ada kaitannya dengan umrah dan haji bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap bisnis travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!